This is blog for Developer

Selasa, 02 Mei 2017

Collection

Collection


List
List adalah salah satu interface yang terdapat pada Java collection. Interface ini memiliki beberapa implementation class seperti LinkedList, Vector, ArrayList, AbstractList, dan lain-lain.

Salah satu ciri dari List adalah :objek-objeknya memiliki urutan tertentu untuk mengaksesnya (ordered) seperti dengan penggunaan nomor index atau dengan melakukan pencarian berdasarkan nilai tertentu dari objek. Urutan ini bisa berbeda dari tiap class yang mengimplementasikan interface List ini.Nomor index yang digunakan dimulai dari angka 0 (zero based index).Elemen-elemennya bisa memiliki objek yang sama (duplikat).

Contoh PenggunaanBerikut adalah kode contoh penggunaan method dasar beberapa class implementasi dari List dan hasil eksekusinya. Terlihat output yang dihasilkan sama semua karena implementasi method yang digunakan masih standar dan tidak spesifik ke tiap class.

Output :


Set
Set merupakan pengelompokan yang berupa model himpunan dimana setiap anggotanya harus unik.. Urutan maupun letak dari anggotanya tidaklah penting, hanya keberadaan anggotanya saja yang penting.
Contohnya :

Output :


Map
Perbedaaan mendasar map dengan collection yang lain, untuk menyimpan objek pada Map, perlu sepasang objek, yaitu key yang bersifat unik dan nilai yang disimpan. Untuk mengakses nilai tersebut maka kita perlu mengetahui key dari nilai tersebut.

Class-class yang mengimplementasikan Map adalah Hashtable,HashMap, LinkedHashMap. Untuk mengurutkan Map menggunakan interface SortedMap, class yang mengimplementasikan interface tersebut adalah TreeMap.
Contohnya :

Output :
Share:

0 komentar:

Posting Komentar